Pentingnya Pendidikan Kesehatan Gigi Bagi Siswa SMP Islam Al Azhar 22

Kesehatan mulut yang baik sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan, dan ini sangat penting terutama pada masa remaja ketika masalah gigi dapat mempunyai dampak jangka panjang. Menyadari akan pentingnya kesehatan gigi, Bagian Kedokteran Gigi Puskesmas Cakung bekerja sama dengan SMP Islam Al Azhar 22 untuk memberikan pendidikan kesehatan gigi kepada siswa.

Pendidikan kesehatan gigi memainkan peran penting dalam mempromosikan kebiasaan kebersihan mulut yang baik di kalangan siswa. Banyak remaja yang mengabaikan perawatan gigi, sehingga menyebabkan peningkatan masalah gigi seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan maloklusi. Dengan mengedukasi siswa tentang pentingnya kesehatan gigi, program di Puskesmas Cakung bertujuan untuk mencegah masalah ini dan mendorong intervensi dini.

Program pendidikan kesehatan gigi mencakup berbagai aspek kebersihan mulut, antara lain:

1. Praktik Perawatan Mulut

Siswa dididik tentang teknik menyikat gigi dan flossing yang benar untuk menjaga kebersihan mulut yang optimal.Mereka belajar tentang frekuensi dan durasi menyikat gigi, jenis sikat gigi dan pasta gigi yang digunakan, serta pentingnya membersihkan lidah.

 2. Nutrisi dan Pola Makan

Program ini menekankan pentingnya pola makan seimbang bagi kesehatan mulut. Siswa diberikan edukasi tentang dampak buruk konsumsi gula berlebihan, terutama makanan ringan dan minuman manis, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Mereka didorong untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan membatasi asupan makanan manis.

 3. Tindakan Pencegahan

Program ini menyoroti pentingnya tindakan pencegahan seperti pemeriksaan gigi rutin, pembersihan profesional, dan penggunaan perawatan fluoride. Siswa diberikan edukasi mengenai manfaat dental sealant yang dapat melindungi gigi dari kerusakan.

4. Masalah Umum Gigi

Program ini mendidik siswa tentang masalah umum gigi seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan maloklusi. Mereka belajar tentang penyebab, gejala, dan akibat dari masalah tersebut. Dengan memahami pentingnya deteksi dini dan pengobatan, siswa didorong untuk mencari perawatan gigi tepat waktu.

5. Kesehatan Mulut dan Kesehatan Secara Keseluruhan

Program ini menekankan hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan. Siswa belajar tentang hubungan antara kesehatan mulut dan kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, dan infeksi saluran pernapasan. Dengan memahami hubungan ini, siswa termotivasi untuk memprioritaskan kesehatan gigi mereka untuk menjaga kesejahteraan secara keseluruhan.

*h&ai

 

Postingan Terkait