Ekskul, singkatan dari ekstrakurikuler, merupakan kegiatan di luar jam pelajaran yang dapat diikuti oleh siswa-siswa sekolah. Ekskul memiliki peran penting dalam membantu siswa mengembangkan minat, bakat, dan keterampilan di luar mata pelajaran yang diajarkan di kelas. Untuk membantu murid baru kelas 7 memahami tentang bagaimana menjadi peserta ekskul yang baik maka  SMP Islam Al Azhar 22 mengadakan Jambore Ekskul, dengan tema “Berkolaborasi dan Berprestasi” pada tanggal 4-5 Agustus 2023 di Bogor.

Ekskul memiliki banyak manfaat bagi siswa. Pertama, ekskul memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang-bidang tertentu seperti olahraga, seni, atau bahasa. Hal ini membantu siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam kegiatan sekolah.

Kedua, ekskul juga melatih siswa dalam mengelola waktu dan mengatur prioritas. Dengan mengikuti ekskul, siswa belajar mengatur jadwal mereka, mengalokasikan waktu untuk belajar dan ekskul, serta memahami pentingnya keseimbangan antara akademik dan kegiatan ekstrakurikuler.

Tema Jambore Ekskul “Berkolaborasi dan Berprestasi” merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan semangat kerja sama dan prestasi di antara siswa. Kolaborasi adalah kunci dalam mencapai tujuan bersama. Ketika siswa bekerja sama dalam ekskul, mereka belajar untuk saling mendukung, berbagi ide, dan bekerja sebagai tim. Ini membangun keterampilan sosial dan kerja sama yang penting dalam kehidupan nyata.

Selain itu, tema ini juga mendorong siswa untuk meraih prestasi dalam ekskul mereka. Prestasi bukan hanya dalam bentuk penghargaan atau sertifikat, tetapi juga dalam bentuk pengembangan keterampilan dan pencapaian pribadi. Dalam ekskul, siswa diberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka secara intensif dan mencapai tingkat keahlian yang lebih tinggi.

Kolaborasi dalam ekskul memiliki manfaat yang signifikan bagi siswa. Pertama, kolaborasi memperluas wawasan siswa. Dalam kerja sama dengan siswa lain yang memiliki minat dan bakat yang berbeda, siswa dapat belajar tentang hal-hal baru dan mendapatkan inspirasi untuk mengembangkan minat mereka.

Kedua, kolaborasi juga mengajarkan siswa tentang pentingnya pendapat dan kontribusi setiap anggota tim. Dalam kerja sama, semua anggota tim memiliki peran dan tanggung jawab yang sama pentingnya. Ini mengajarkan siswa untuk menjadi pendengar yang baik, menghargai pendapat orang lain, dan belajar dari perbedaan.

Postingan Terkait